Selasa, 22 Desember 2009

CEO Apple Steve Jobs Turunkan Posisi CEO Google

Welcome To The Blog

Majalah bergengsi Harvard Business Review (HBR) telah mempublikasikan performa paling top di dunia untuk kategori CEO (Chief Executive Officer). Hasilnya adalah Steve Jobs, CEO Apple. Hal yang lebih mengejutkan lagi masuknya CEO Microsoft dalam list top 100 CEO Terbaik, yakni Steve Ballmer. Metodologi HBR adalah untuk mencari performa CEO terbaik, dan dikalkulasi dalam TSR (Total Shareholder Return) yang dihitung tiap harinya, dan dipertimbangkan pula soal industry dan timbal baliknya untuk negara. Peneliti HBR juga menganalisa perubahan dalam kapitalisasi market tiap perusahaan termasuk inflasi dan factor lain.

Setelah melakukan banyak analisa, HBR menemukan Jobs berada di posisi teratas dengan 3,188 persen industry setelah ia kembali bergabung dengan Apple sejak menjadi CEO tahun 1997. Kemudian di peringkat empat terdapat CEO Cisco, John Chambers yang memiliki TST 1.054 persen selama kepemimpinannya yang dimulai sejak tahun 1995. Cisco di bawah Chamber mampu meraih kapitalisasi market $152 miliar. Sementara Jeff Bezos, CEO Amazon berada di posisi 7, karena TSR Amazon berkisar 4,586 persen sejak 1996, dengan nilai saham sebesar $37 miliar.

Di peringkat delapan hanya satu wanita yang masuk dalam top 50 CEO, yakni mantan CEO eBay, Meg Whitman yang membantu meningkatkan market saham hingga $37 miliar, namun sayangnya ia tidak dapat mempertahankannya karena ia sudah pensiin dari eBay di Januari 2008, sejak Januari 1998. Di posisi kedua ada CEO Google, Eric Schmidt yang sudah 7 tahun memimpin Google, dan mampu menambah TSR 344 persen dan market $101 miliar. Survei HBR ini diklaim sebagai study yang murni, tidak tergantung kepada leadership, karisma visi, pengaruh atau factor lain dari masing-masing CEO.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

About Me

Foto saya
Jakarta, Indonesia
I am simple person and do not want small talk about something that I think can be done today .. and I was the one always wanted to know a lot of things but the positive thing ... but I'm also a bit shy person .. This person and I love to read but the smell of the world .... Technologi

My Facebook